Sabtu, 27 April 2013

Emas itu Perlahan Tersingkap




Sahabat KSE, 22 November 2012 lalu adalah kesempatan bagiku melangkahkan kaki kali pertama meraih mimpi-mimpi yang aku tempel di dinding kamar kosku. Target Semester Lima yang saya wujudkan dalam sebuah kalimat berbunyi “2 Paper lolos di tingkat nasional” telah diberi Jalan oleh Alloh S.W.T.  Kemarin kami telah mempresentasikan karya berupa Poster Geologi di depan juri dan kawan-kawan geologi di Bandung. Juri penilai poster kami adalah Mr.Stephen Scott Pegawai minyak di Genting Oil dan  Bp. Leonardus dari British Petroleum. Meskipun ketika presentasi dengan juri agak bermasalah dengan English saya,bahkan dalam hati saya bergumam”I dont know what I mean” tetapi ya sudahlah, saya menganggap ini adalah pengalaman yang tak bisa dihargai dengan harga apapun….pengalaman pertama mempresentasikan hasil karya dengan bahasa orang lain. Untuk para peserta seminar yang datang pada acara tersebut, Mereka cukup antusias dengan isi posterku yang sebenarnya murni 100% adalah hasil studi pustaka dari ratusan referensi yang saya kumpulkan semenjak bulan puasa lalu…bahkan ada anak dari UGM yang menghubungi panitia karena tertarik dengan gas hidrat dari judul posterku saat pamflet dipublikasikan lewat jejaring maya.

Meskipun belum ada pengalaman sama sekali mengikuti perlombaan yang kayak ginian, aku tetap berusaha totalitas diatas naungan do’a yang aku panjatkan dalam setiap aku langkahkan kaki di kota Bandung. Ini pengalaman pertama saya di Bandung lho . Adem, seger …..tidak seperti Semarang yang sumuk dan agak tidak nyaman…hehe. Tetapi kalo dari segi transportasi, sama saja disini juga agak kurang lancar (meski daerah pengamatan hanya di daerah Jatinangor, tempat ku menginap ( kami disediakan hotel gratis juga lho(meski Cuma bintang 1…:)).

Posterku menceritakan perlunya Indonesia mengeksploitasi Gas Hidrat, lalu disana aku dan kawanku mencoba memberikan konsep eksploitasi yang cocok yang bisa diterapkan di Indonesia. Banyak dari mereka tidak mengetahui Gas hidrat di Indonesia, tetapi jika kalian tahu,,,cadangan Gas hidrat di Indonesia adalah 2x cadangan gas bumi konvensional. Gas hidrat adalah gas beku yang terpendam didalam sedimen samudera atau permafrost( daratan yang suhu permukaannya <00). Jika temen-temen ingin membayangkan gas hidrat, maka bayangkanlah balok es yang ada dirumahmu, bedanya dengan gas hidrat adalah, didalam balok esmu tersebut terkurung gas metana.

Saya meramalkan bahwa gas hidrat adalah cadangan energi di dunia masa depan. Perlu teman teman ketahui cadangan gas hidrat di dunia adalah 2 kali dari semua jenis bahan bakar fosil, dan itu semua belum di Eksploitasi. Memang gas hidrat tidak masuk dalam kurikulum kuliah tetapi bagi saya mempelajari perkembangannya adalah suatu keasyikan tersendiri…hal ini dikarenakan  banyak dari mereka yang tidak tahu, dan keyakinan saya bahwa beberapa tahun lagi gas hidrat akan menjadi sumber energi yang hangat dibicarakan.

Pada hari kedua atau saat saya menulis tulisan ini, adalah hari menanti pengumuman. aku berharap banyak dari pengumuman tersebut, tetapi aku juga bersiap banyak jika hasilnya tidak sesuai harapan. Bagiku, aku telah berusaha setotalitas mungkin yang aku bisa, jika hasil memang tidak berpihak…pasti ada jalan lain yang akan memberikan banyak harapan….bukankah jika kita tidak pernah berputus asa dari rahmat Alloh,…Alloh akan mendatangkan rejeki dari tempat yang tiada disangka-sangka??…karena aku seorang muslim, Aku ingin menyempurnakan kemuslimanku dengan menjadi muslim yang sebenarnya. Muslim yang tidak cengeng, muslim yang tangguh dan muslim yang bangga menjalankan Al-Qur’an dan As-sunnah. Bagi seorang muslim pujian, hormat ataupun cercaan orang tidak berharga, bagi dirinya pujian dan murka Alloh adalah yang menjadi prioritas. Prestasi dunia memang penting, tetapi prestasi akhirat adalah prioritas utama.

Tetapi….

Alhamdulillah, Maha besar Alloh dengan segala keajaiban yang diberikannya ketika hambanya mau berusaha totalitas. Aku teringat cerita murabbi ku (pementor) mengenai kisah siti hajar yang lari-lari ke Sofa-Marwah hingga bolak-balik 7x untuk mencarikan Ismail air minum di padang yang Gurun. ia bolak-balik 7x ke tempat yang sama. Mengapa siti Hajar melakukan itu?? Tentunya Siti Hajar tidak bodoh bukan?…..sebenarnya, Ia hanya ingin menunjukkan usaha kerasnya kepada Alloh, tidak putus asa meski KEMUSTAHILAN ada didepan matanya,ia tetap berusaha keras dan berdoa. Kemudian bagaimana Alloh memperlihatkan balasan kepada beliau??…

keajaiban diperlihatkan Alloh dari kaki Ismail yang keluar air ketika ia menginjak-injak tanah, sungguh mata air ini adalah keajaiban yang tak putus cerita hingga hari ini, yaitu sumur zam-zam.

Alhamdulillah kawan, kami mendapatkan JUARA 1 alias sebagai best poster dalam Poster Contest Trapspot UNPAD 2012. Ini adalah prestasi pertama saya yang seharusnya saya syukuri dengan berbagai cara. Keajaiban saya rasakan disini. Alloh memang bersama orang-orang yang mau berusaha keras dan yang selalu bertawakal padanya.

Tentunya aku tidak akan berhenti sampai disini meraih prestasi kawan-kawan KSE, mimpi-mimpiku masih banyak yang harus diwujudkan. Langkah pertama ini semoga selalu berkesan dihati. Semoga aku selalu bersemangat meraih mimpi-mimpi duniaku, tetapi tetap mengutamakan akhiratku. Aku bersyukur menjadi bagian dari KSE. Meskipun pada tahun kedua di KSE ini aku tidak menjadi pengurus dan jarang muncul di kegiatan tetapi saya menemukan keluarga baru disini, keluarga senasib yang saling menghargai. Terima kasih mbak Laela, Mas Eko, Mbak Liana dan Desy Prima…:) serta semua kawan-kawan KSE UNDIP.

Sungguh rencana Alloh itu lebih baik daripada rencana kita….
Maka nikmat tuhanmu yang manakah yang akan engkau dustakan? (QS. Al-Mulk)

Write by Eko Budiarta

Emas itu Perlahan Tersingkap Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 komentar:

Posting Komentar